Selasa, 08 Juli 2014

Jadilah superhero!!

Mungkin jika dilihat dari judulnya sangatlah lucu. Tapi mungkin pemikiran menjadi superhero pernah terpikirkan ketika kita masa kanak-kanak.
Di usia kita yang masih cilik, pemikiran menjadi superhero sesuatu hal yg keren. Dimana kita memiliki kemampuan yang amat keren seperti spiderman yang bisa loncat sana sini dengan mengluarkan jaringnya ataupun seperti power ranger yang dapat berubah dan melwan monster. Intinya sih kemampuan yg bisa kita pergunakan untuk menolong orang. Tapi ada pula kemampuan yg dsalah gunakan dlm kejahatan. Seperi joker dlm batman. Ataupun saat kita tidak bisa mengendalikan kemampuan itu seperti the mask yg mencuri bank diluar kendalinya.
Apa menurut kalian semua itu keren?

Ada yang lebih keren dari semua kemampuan dari para hero itu. Apa kalian tau.

Cobalah kalian bertanya pada diri kalian masing2. Apa kalian telah menemukan jawabannya??

Kalian bingung? Padahal hal yang paling keren itu ada pada diri kalian sendiri. Pasti nambah bingung?

Pertama.
Superhero itu identik dengan menolong orang. Untuk menolong orang tak perlu kita memiliki kekuatan super. Cukup menjadi diri kita sendiri. Contoh kecil yg sllu dianggap sepele: membuang sampah pada tempatnya.  Sadar ato nggak, kita sering mengabaikannya, padahal membuang sampah itu tindakan heroic. Bagaimana bisa dikatakan heroic, dengan membuang sampah pada tempatnya kita dapat mencegah banjir dan menyelamatkan banyak orang. Ataupum melakukan penanaman pohon, itu sangat heroic.. kita dapat menambah daya serap air saat intensitas hujan tinggi, mendapatkan udara segar dsb. Mungkin itu masih terbilang ribet tapi ada hal heroic yang sangat singkat namun dapat menuai perubahan. Mekilih presiden. Loh ko? Dgn memilih presiden itu artinya kita telah bertindak pemberani untuk melakukan perubahan. siapapun presiden terpilih itu akan membawa perubahan untuk 5 tahun mendatang. Dibandingkan para golongan putih yg abstein atau mungkin mereka terlalu takut akan perubahan.

Kedua..
Kalau yang pertama cakupannya luas atau untuk orang banyak maka sekarang kita persempit cakupannya. Apa yang telah kita lakukan untuk keluarga kita? Terutama orang tua kita. Pasti sebagia dari kalian akan menganggap tindakan heroic itu saat kita telah bekerja dan setidaknya kita dapat berbagi hasil keringat kita pada keluarga. Itu memang heroic tapi padahal sejak kecil kalian sudah bisa ataupun sering kali melakukan hal heroic. Sebagai contoh; mencuci piring. Hal itu terasa ringan dan sepele tapi ntuk abg jaman sekarang terkadang gengsi ato lebih tepatnya malas untuk melakukannya terutama untuk abg kalangan kota. Padahal mencuci piring ataupun membantu orangtua di rumah merupakan hal yang sangat heroic. Kita bisa meringankan pekerjaan rumah orang tua kita. Okey jika kalian para abg muda merasa itu terlalu ribet, cukup dengan belajar dan bertinggkah laku yang baik yg tidak bertentangan dengan agama, sesungguhnya itupun sikap heroic.

Okey terakhir.
Heroic yg paling penting. Apa kalian terpikir sang superhero jawara? Superhero sejati ada dalam diri kita masing2. Hanya saja bagaimana kita semuanya. Ya, kita harus mampu menjadi superhero untuk diri kita sendiri. Dan inilah tantangan sulit yang membuat kita menjadi superhero untuk orang lain. Bagaimana cara kita menjadi superhero buat diri sendiri?  kita harus mampu mengendalikan syahwat kita terutama dari hal negatif. Bila kita berhasil menguasai diri kita menjauhkan diri kita dari hal buruk dan mendekatkan diri dgn hal2 baik maka kita akan dapat menjadi superhero untuk diri sendiri. Superhero untuk diri sendiri cukup simpel tapi mungkin sulit dijalani. Cukup dengan menyanyangi diri kita sendiri sehingga kita akan menjaga baik diri kita. Seperti contoh sepele soal makan, bila kita menyayangi diri kita otomatis kita mensuplai makanan yg dbutuhkan oleh tubuh bukan menkonsumsi makanan yg kita inginkan apalagi sampai kita tak makan. Pasti jika kita menyangi diri kita, kita akan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.. ibarat kata sich mebjalani semua perintah Allah dan menjauihi semua laranganNya. itu sangat heroic. Menjadi pahlawan tuk diri dalam bekal di akhirat nanti..

Intinya.. setelah kita berhasil menjadi superhero untuk diri kita sendiri maka lebih mudah untuk kita menjadi superhero dilingkungan keluarga bahkan dlm lingkungan lebih luas lagi. Karena sesungguhnya menjadi superhero itu bagian agar kita menjadi sosok yang lebih baik lagi. Menjadikan diri kita dekat, baik dgn Sang Khaliq, diri kita sendiri, keluarga bahkan orang lain. So jauhi laranganNya dan dekatkanlah diri dgn sgala perintahNya.

Mudah2an kita bisa menjadi superhero, yang kelak akan bisa berguna dlm alam yg lebih abadi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar